Back to homepage

Tentang Kami

Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil merupakan urusan pelaksana otonom daerah di bidang  kependudukan dan catatan sipil. Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretari Daerah ini.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 pada bagian Kedua pasal 71 database merupakan unsur penting dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan harus ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten sebagai penyelenggara tingkat Kabupaten. Selanjutnya pada pasal 77 sebagaimana dimaksud dalam ayat 71 huruf f melipui kegiatan :

  1. Perekaman data pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil ke dalam database kependudukan;
  2. Pengelolaan data pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sebagaimana dimaksud pada huruf a;
  3. Penyajian data sebagaimana dimaksud huruf b sebagai informasi data kependudukan;
  4. Pendistribusian data sebagaimana dimaksud pada huruf c untuk kepentingan
  5. perumusan kebijakan di bidang pemerintahan dan pembangunan.